Langsung ke konten utama

Tweening



TWEENING


Agar mempermudah animator untuk mengerjakan sebuah animasi mereka biasanya menggunakan Tweening.
Apa itu tweening? Simak penjelasan berikut

1. Pengertian Tweening
Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.
Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Jadi, kita tidak perlu membuat animasi frame perframe. Kita hanya perlu menentukan letak  awal objek dan letak akhir objek. Tweening mempercepat kita untuk membuat animasi karena tidak perlu menggunakan banyak frame.

2. Cara Kerja Tweening
Cara kerja tweening adalah dengan cara menletakkan objek awal dan akhir, dan macromedia flash akan membuat rangkaian gerakan diantaranya. Animasi yang dihasilkan menggunakan metode ini adalah gerakan yang halus, perubahan letak, ukuran, rotasi, bentuk maupun warna.
Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala).

Itu saja yang dapat saya sampikan kurang dan lebihnya mohon maaf
Terimakasih...


Komentar

  1. mantap om..
    jangan lupa mampir

    https://ardyseputarteknologi.blogspot.com/2019/08/pengertian-tweening-dalam-animasi-2.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL ADOBE FLASH DAN ADOBE ANIMATE

ADOBE FLASH Bagi Anda yang sudah mengenal dunia animasi, tentu sudah tidak asing lagi dengan  software  yang satu ini. Adobe Flash Professional yang dulunya bernama Macromedia Flash ini merupakan salah satu produk unggulan Adobe yang berguna untuk membuat animasi 2D. Dengan bahasa program Action Script yang ada di dalam  software  ini, memungkinkan Anda untuk dapat membuat  game  dan modul interaktif. Komponen pada Adobe Flash Professional Jika Anda membuka Adobe Flash, akan muncul sebuah welcome screenuntuk pilihan membuat dokumen baru, namun bagi sebagian orang ini sangat mengganggu karena terus muncul di setiap kali kita membukanya, jadi untuk mengatasinya hanya tinggal centang pada bagian Don't show again, maka welcome screen tak akan muncul kembali. WELCOME SCREEN Untuk membuat dokumen atau lembar kerja baru, bisa dengan mengklik pilihan yang ada di antara  Create from template  atau  Create New .  Create from template  berisi

Hard surface dan Organic

HARD SURFACE DAN ORGANIC Contoh Hard Surface Halo teman - teman, hari ini saya akan memberikan penjelasan sekaligus perbedaan antara Hard Surface dan Organic. Oke langsung saja Hard surface  Merupakan objek yang memiliki bentuk cenderung geometrik atau kotak – kotak, misalnya meja, kursi, televisi dan masih banyak lainnya Organic  Adalah objek objek yang memiliki kecenderungan bentuk halus atau aerodinamis, nyaris tanpa sudut, misalnya manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya Ya itu saja yang bisa saya jelaskan apabila ada kurang mohon maaf Terimakasih

Komponen 3D Modeling

Komponen 3D Modelling Seorang animator perlu mengetahui 5 komponen dasar 3D modelling. Sebelum menuju komponennya mari kita simak penjelasan berikut 3D Modelling adalah proses untuk menciptakan objek 3D  yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya. Pengertian lainnya adalah sebuah teknik dalam komputer grafis untuk memproduksi representasi digital dari suatu objek dalam tiga dimensi (baik benda mati maupun hidup). Komponen - komponen 3D Modelling 1. Vertex Vertex merupakan titik sudut dalam membuat objek 3D. Gabungan vertex dapat membentuk edge.  2. Edge Edge merupakan gabungan dari vertex yang dapat membentuk sebuah polygon tertutup.  3. Face Gabungan face membentuk sebuah polygon. Face terbentuk dari gabungan vertex dan edge.    4. Polygon Polygon terbentuk dari gabungan vertex, edge, dan face. Polygon dapat berbentuk segitiga, segilima, segiempat, dan lain-lain. Polygon disebut juga sebagai bidang