Langsung ke konten utama

AUGMENTED REALITY



AUGMENTED REALITY

Hasil gambar untuk contoh augmented reality
Contoh Augmented Reality

Pada zaman sekarang Augmented Reality sangat sering digunakan untuk metode pembelajaran, pemasaran, bahkan game.

Pengertian Augmented Reality

Apa itu Augmented Reality? Menurut penjelasan Haller, Billinghurst, dan Thomas (2007), riset Augmented Reality bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang memperbolehkan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. (Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design).
Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus. User ataupun pengguna didalam dunia nyata tidak dapat melihat objek maya dengan mata telanjang, untuk mengidentifikasi objek dibutuhkan perantara berupa komputer dan kamera yang nantinya akan menyisipkan objek maya ke dalam dunia nyata.
Metode yang dikembangkan pada Augmented Reality saat ini terbagi menjadi dua metode, yaitu Marker Based Tracking dan Markless Augmented Reality.

1. Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)

Marker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan tiga sumbu yaitu X, Y, dan Z. Marker Based Tracking ini sudah lama dikembangkan sejak 1980-an dan pada awal 1990-an mulai dikembangkan untuk penggunaan Augmented Reality.

2. Markerless Augmented Reality

Salah satu metode Augmented Reality yang saat ini sedang berkembang adalah metode “Markerless Augmented Reality”, dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital, dengan tool yang disediakan Qualcomm untuk pengembangan Augmented Reality berbasis mobile device, mempermudah pengembang untuk membuat aplikasi yang markerless (Qualcomm, 2012).
Seperti yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan Augmented Reality terbesar di dunia Total Immersion dan Qualcomm, mereka telah membuat berbagai macam teknik Markerless Tracking sebagai teknologi andalan mereka, seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, dan Motion Tracking.
a. Face Tracking
Algoritma pada computer terus dikembangkan, hal ini membuat komputer dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung, dan mulut manusia, kemudian akan mengabaikan objek-objek lain di sekitarnya seperti pohon, rumah, dan lain – lain. Teknik ini pernah digunakan di Indonesia pada Pekan Raya Jakarta 2010 dan Toy Story 3 Event (Widiansyah, Firman, 2014).
b. 3D Object Tracking
Berbeda dengan Face Tracking yang hanya mengenali wajah manusia secara umum, teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua bentuk benda yang ada disekitar, seperti mobil, meja, televisi, dan lain-lain.
c. Motion Tracking
Komputer dapat menangkap gerakan, Motion Tracking telah mulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi film-film yang mencoba mensimulasikan gerakan.
d. GPS Based Tracking
Teknik GPS Based Tracking saat ini mulai populer dan banyak dikembangkan pada aplikasi smartphone (iPhone dan Android), dengan memanfaatkan fitur GPS dan kompas yang ada didalam smartphone, aplikasi akan mengambil data dari GPS dan kompas kemudian menampilkannya dalam bentuk arah yang kita inginkan secara realtime, bahkan ada beberapa aplikasi menampikannya dalam bentuk 3D.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL ADOBE FLASH DAN ADOBE ANIMATE

ADOBE FLASH Bagi Anda yang sudah mengenal dunia animasi, tentu sudah tidak asing lagi dengan  software  yang satu ini. Adobe Flash Professional yang dulunya bernama Macromedia Flash ini merupakan salah satu produk unggulan Adobe yang berguna untuk membuat animasi 2D. Dengan bahasa program Action Script yang ada di dalam  software  ini, memungkinkan Anda untuk dapat membuat  game  dan modul interaktif. Komponen pada Adobe Flash Professional Jika Anda membuka Adobe Flash, akan muncul sebuah welcome screenuntuk pilihan membuat dokumen baru, namun bagi sebagian orang ini sangat mengganggu karena terus muncul di setiap kali kita membukanya, jadi untuk mengatasinya hanya tinggal centang pada bagian Don't show again, maka welcome screen tak akan muncul kembali. WELCOME SCREEN Untuk membuat dokumen atau lembar kerja baru, bisa dengan mengklik pilihan yang ada di antara  Create from template  atau  Create New .  Create from template  berisi

Hard surface dan Organic

HARD SURFACE DAN ORGANIC Contoh Hard Surface Halo teman - teman, hari ini saya akan memberikan penjelasan sekaligus perbedaan antara Hard Surface dan Organic. Oke langsung saja Hard surface  Merupakan objek yang memiliki bentuk cenderung geometrik atau kotak – kotak, misalnya meja, kursi, televisi dan masih banyak lainnya Organic  Adalah objek objek yang memiliki kecenderungan bentuk halus atau aerodinamis, nyaris tanpa sudut, misalnya manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya Ya itu saja yang bisa saya jelaskan apabila ada kurang mohon maaf Terimakasih

Komponen 3D Modeling

Komponen 3D Modelling Seorang animator perlu mengetahui 5 komponen dasar 3D modelling. Sebelum menuju komponennya mari kita simak penjelasan berikut 3D Modelling adalah proses untuk menciptakan objek 3D  yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya. Pengertian lainnya adalah sebuah teknik dalam komputer grafis untuk memproduksi representasi digital dari suatu objek dalam tiga dimensi (baik benda mati maupun hidup). Komponen - komponen 3D Modelling 1. Vertex Vertex merupakan titik sudut dalam membuat objek 3D. Gabungan vertex dapat membentuk edge.  2. Edge Edge merupakan gabungan dari vertex yang dapat membentuk sebuah polygon tertutup.  3. Face Gabungan face membentuk sebuah polygon. Face terbentuk dari gabungan vertex dan edge.    4. Polygon Polygon terbentuk dari gabungan vertex, edge, dan face. Polygon dapat berbentuk segitiga, segilima, segiempat, dan lain-lain. Polygon disebut juga sebagai bidang